Pipa PVC adalah bahan yang digunakan dalam berbagai macam aplikasi perpipaan, mulai dari transportasi air minum melalui solusi drainase hingga sistem penyiram air yang canggih untuk tanaman. Dalam sejarah pipa PVC ini ditemukan dan dikembangkan oleh HEndi Victor Regnault pada awal abad ke-19, dia ini merupakan seorang ahli kimia yang berasal dari prancis. Meskipun sudah sangat lama, pipa PVC ini masih menjadi salah satu bahan yang sering digunakan untuk beberapa infrastruktur dan bangunan. Pipa PVC ini menjadi populer karena beberapa keunggulan yang dimiliki oleh pipa ini, keunggulannya yaitu mencakup harga pipa PVC terjangkau, keamanan, daya tahan / efisiensi biaya, kinerja lingkungan, dan kemampuan daur ulang.

  1. Pipa PVC aman

Pipa PVC merupakan pilihan yang aman untuk digunakan sebagai bahan pengantar air minum. Hal tersebut karena tingkat kelembaman dan ketahanannya yang tinggi terhadap korosi dari pipa PVC. Oleh karena itu, pipa PVC merupakan bahan yang bebas dari kontaminasi bio-film yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Dengan membantu penyediaan air bersih, pipa PVC bermanfaat bagi kesehatan masyarakat.

  1. Pipa PVC tahan lama & hemat biaya

Sistem perpipaan PVC pertama dipasang selama 80 tahun dan sebagian besar masih digunakan. Umur yang diharapkan dan di perkiraan dari pipa PVC adalah 100 tahun atau lebih untuk pipa bawah tanah. Selain itu, sistem perpipaan PVC menunjukkan tingkat kegagalan yang jauh lebih rendah daripada bahan lainnya. Dibandingkan dengan bahan perpipaan lainnya seperti pipa yang terbuat dari betn, semen atau tanah liat, pipa PVC juga merupakan pilihan yang paling hemat biaya jika dilihat selama masa pakainya, termasuk biaya untuk membeli pipa, memasang, mengoperasikan dan memelihara serta membongkar pipa.  Dengan kekuatan daya tahan 100 tahun dan total biaya kepemilikan yang rendah berarti utilitas dapat dengan aman memilih PVC digunakan sebagai infrastruktur perpipaan mereka.

  1. pilihan terbaik untuk lingkungan

Pipa PVC memiliki keunggulan lingkungan yang jelas dibandingkan dengan pipa yang terbuat dari bahan tradisional seperti baja dan semen. Karena PVC ini merupakan plastic yang rendah karbon, pipa PVC membutuhkan lebih sedikit energi dan lebih sedikit sumber daya untuk diproduksi. Karena bobotnya yang rendah, lebih sedikit energi yang digunakan saat diangkut. Pipa PVC tahan lama dengan perawatan minimal yang tidak ribet dan mudah didaur ulang. Banyak pipa PVC baru mengandung bahan yang merupakan hasil dari daur ulang pipa PVC bekas. Misalnya pipa tiga lapis dimana lapisan intinya terbuat dari PVC daur ulang. Selain itu, permukaan pipa PVC yang sangat halus mengurangi biaya penggunaan energi, dan pipa PVC ini merupakan pipa anti bocor, sehingga tidak aka nada kebocoran yang menyebabkan air terbuang.

  1. Pipa PVC dapat didaur ulang

Pipa PVC terbuat dari PVC yang merupakan bahan yang mudah didaur ulang dan dapat didaur ulang beberapa kali tanpa kehilangan sifat teknisnya. Daur ulang ini digunakan untuk membuat pipa baru dan berbagai produk PVC lainnya. Skema ketertelusuran dan sertifikasi untuk daur ulang memastikan tingkat keamanan dan kualitas yang tinggi untuk PVC daur ulang. Daur ulang PVC menciptakan lapangan kerja dan menghemat energi dan sumber daya.

Itulah beberapa keunggulan yang bisa di dapatkan jika menggunakan pipa PVC. Semoga dengana danya artikel ini kalian tidak lagi ragu dengan penggunaan pipa PVC. Terimakasih sudah membaca artikel kami, semoga artikel ini bisa mbermanfaat untuk kalian semua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *