E-sim merupakan standar baru yang berhasil dikembangkan GSMA yang hampir seluruh dunia telah menggunakannya. Penggunaan E-sim ini akan memungkinkan pihak pengguna supaya dapat mengakses jaringan Smartfren ke bagian perangkat tanpa harus menggunakan kartu sim secara fisik. Esim smartfren mampu melakukan penyimpanan nomor telepon, konfigurasi jaringan dan paket berlangganan yang menjadikan perangkat pengguna bisa terhubung kebagian jaringan Smartfren.

Secara umum, kegunaan dari E-sim Smartfren digunakan supaya dapat mengoptimalkan setiap fitur iPhone yang mana pihak pelanggan dapat menggunakannya pada dua sisi yang terdapat pada iPhone. Dengan cara ini, maka pihak pelanggan merasa lebih fleksibel pada saat hendak melakukan pengaturan frekuensi pada layanan data, layanan SMS dan layanan telepon.

Tidak sampai disitu saja, karena pelanggan Smartfren juga dapat menikmati setiap fitur yang ada di dalamnya. Misalnya seperti promo wow Smartfren. Untuk pengguna dari iPhone yang menggunakan teknologi baru ini hanya dapat menggunakan jaringan Smartfren saja. Sementara untuk operator yang lain belum menerapkan penggunaan teknologi pada kartu E-sim terbaru.

Oleh sebab itu, maka pengguna iPhone belum dapat berganti ke operator lain. Karena untuk operator lain belum dilengkapi dengan adanya teknologi nomor yang disuntikkan pada perangkat. Kabar baik dari pengguna iPhone yaitu tidak perlu menggunakan kartu SIM yang terpisah seperti pada umumnya. Nomor telepon akan secara langsung disuntikan ke bagian perangkat, misalnya seperti teknologi ponsel CDMA di masa lampau.

Beberapa informasi yang terdapat di dalam chip dapat ditulis ulang. Dengan begitu pengguna dapat menggantikan nomor E-sim antara satu operator dengan operator yang lain. Teknologi ini sudah terdapat pada 14 negara dan perangkat Iphone bisa menampung sampai dengan 14 nomor E-sim yang berbeda. Akan tetapi tidak semua nomor yang berbeda pada satu operator dapat aktif secara bersamaan.

Misalnya saja apabila pengguna menggunakan tiga nomor Smartfren, maka hanya akan ada satu nomor yang aktif. Sementara untuk Smartfren itu sendiri telah menargetkan penggunaan SIM di dalam perangkat yang sudah mencapai hingga Rp100.000 sampai akhir tahun 2020. IPhone yang telah menerapkan teknologi ini yaitu hanya ponsel iPhone pada seri X dan seri Trio iPhone 11.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *